Program Unggulan

Beasiswa

Beasiswa yang ditawarkan saat mahasiswa menempuh studi di Universitas Wijayakusuma, diantaranya: Beasiswa Universitas Wijayakusuma, PPA, BBM dan Bidik Misi.

  • Beasiswa Universitas:
    • Ditawarkan bagi calon mahasiswa baru, yang mempunyai prestasi di bidang akademik dan atau seni budaya.
    • Beasiswa dapat diterima, setelah mahasiswa menempuh studi selama 2 semester.
  • Beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik)
    • Ditawarkan oleh DIKTI, untuk mahasiswa yang mempunyai prestasi akademik
  • Beasiswa BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa)
    • Ditawarkan oleh DIKTI bagi mahasiswa yang kurang mampu.
  • Beasiswa Bidik Misi
    • Ditawarkan oleh DIKTI untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi calon mahasiswa, khususnya mereka yang menghadapi kendala ekonomi;

Cooperative Educaton
Program Magang Cooperative Education (CO-OP ) merupakan program kerjasama antara dunia Perguruan Tinggi yaitu Universitas Wijayakusuma dengan pengusaha (perusahaan, UKM dan lembaga usaha lainnya) yang didanai oleh DIKTI(Dirjen Pendidikan Tinggi).
Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu mahasiswa agar bisa membangun bisnis secara mandiri maupun mengenal dunia kerja sejak dini. Bagi UKM kegiatan ini bisa membantu mereka untuk mengembangkan bisnisnya.
Saat ini, Unwiku merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi di Jawa Tengah Bagian Selatan-Barat yang memperoleh dana bantuan pelaksanaan Co-Op dari DIKTI selama 3(tiga) tahun berturut-turut.
Pelaksanaan programnya, mahasiswa diberi pelatihan/ pembekalan materi singkat tentang pengetahuan praktis di dunia kerja, setelah itu mahasiswa diterjunkan ke UKM yang linier dengan bidang ilmunya masing-masing. Mahasiwa yang berminat bergabung, juga akan didanai/ digaji dari Dikti dan UKM.

TOEFL Preparation
Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi mahasiswa Fakultas Teknik, sekaligus sebagai syarat untuk menempuh ujian pendadaran, maka, Fakalutas Teknik menyelenggrakan kelas TOEFL Preparation. Kelas ini dibuka setiap akhir semester. Jumlah peserta maksimal per kelas 20 mahasiswa. Target skor TOEFL yang disyaratakan adalah 400. Materi pelatihan, terdiri dari Pre Test, Pelatihan (10 jam) dan Post Test. Bagi mahasiswa yang berminat, dapat menghubungi Lab. Bahasa Fakultas Teknik.

KKPIJK
Era persaingan global kini tidak lagi dapat dijawab dengan proteksi, tetapi dengan peningkatan daya saing bangsa. Dan untuk meningkatkan daya saing diperlukan suatu kinerja budaya industrial yang kreatif, inovatif, produktif dan efisien.
Budaya industrial semacam itu hanya dapat dilahirkan oleh suatu tatanan industrial yang maju, di mana para pelaku profesional berkiprah dalam lingkungan yang kompetitif, menuruti kode-kode, standar-standar, serta sistem sertifikasi dan akreditasi yang mereka kembangkan dan patuhi sendiri.
Kiprah semacam itu hanya dapat berlangsung dalam himpunan profesi yang terorganisasikan dengan mapan dan melaksanakan kegiatan registrasi, sertifikasi dan pembinaan keprofesian secara mantap dan berkelanjutan.
Undang-undang No. 18/1999, tentang Jasa Konstruksi pasal 9 menyebutkan bahwa Perencana konstruksi dan pengawas konstruksi orang perseorangan harus memiliki sertifikat keahlian. Untuk itu Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma Purwokerto bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia Koordinator Jawa Tengah, mengadakan kegiatan KPPIJK untuk meningkatkan kompetensi keahlihan bagi para lulusan dan sekaligus memfasilitasi alumni yang berkeinginan mendapatkan sertifikat ahli.