Sarana Prasarana

Sarana yang dimiliki Fakultas Teknik

  1. Sarana pembelajaran, mencakup:
  • sarana untuk melaksanakan proses pembelajaran sebagai kelengkapan di ruang kelas, misal Papan tulis, OHP, LCD, sound system, alat peraga, bahan habis pakai dan lain-lain.
  • peralatan laboratorium, sesuai jenis laboratorium masing-masing program studi.
  1. Sarana sumber belajar terdiri dari buku teks, jurnal, majalah, internet, intranet, CD-ROM dan lain-lain.

Sarana Pembelajaran untuk proses pembelajaran

Seluruh ruang kuliah dilengkapi dengan Papan Tulis dan OHP berikut screen-nya. Tiga pengeras suara/ sound system portable disediakan untuk melayani ruang kuliah dengan kapasitas besar dengan jumlah peserta yang banyak. Lima LCD proyektor disediakan untuk memenuhi kebutuhan dosen sebagai media pengajaran Satu ruang kuliah dilengkapi dengan pendingin udara.

Peralatan Laboratorium

Laboratorium yang dimiliki Fakultas Teknik terdiri dari: Lab. Geotek (Mekanika Tanah), Lab. Rekayasa Struktur , Lab. Transportasi, Lab. Hidro, Lab. Survey dan Penginderaan Jauh, Lab. Komputer, Lab. Elektro, dan Studio Gambar. Peralatan Laboratorium yang dimiliki Fakultas Teknik sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan praktiku mahasiswa, meskipun masih perlu pengembangan.

Sarana Pembelajaran untuk proses pembelajaran

  • Koleksi Perpustakaan yang dimiliki Fakultas Teknik terdiri dari buku teks, jurnal, majalah, dan CD ROM, e-learning.
  • Internet dan intranet disediakan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.
  • Free Hot Spot Area

Prasarana yang dimiliki Fakultas Teknik

Gedung FT Unwiku mempunyai luas 2197,12 m2 yang terdiri dari Ruang kuliah, Ruang Dosen, Ruang Kantor, Ruang Administrasi, Ruang Perpustakaan, Laboratorium, Studio, Ruang Rapat dan prasarana penunjangnya.

Ruang Kuliah total seluas 579,6 m2. Dengan mahasiswa aktif (yang mengisi KRS) pada semester ganjil 2010/2011 yang berjumlah 192 mahasiswa, maka 1 (satu) mahasiswa menempati ruang kuliah seluas 3,0 m2/mahasiswa.

Ruang Laboratorium dan Studio total seluas 438,15 m2. Dengan mahasiswa aktif (yang mengisi KRS) pada semester ganjil 2010/2011 yang berjumlah 192 mahasiswa, maka 1 (satu) mahasiswa menempati ruang Lab seluas 2,3 m2/mahasiswa.

Ruang Kerja Dosen seluas 222,48 m2. Dengan mahasiswa aktif (yang mengisi KRS) pada semester ganjil 2010/2011 yang berjumlah 192 mahasiswa, maka 1 (satu) mahasiswa menempati 1,2 m2/mahasiswa.

Dengan mengacu pada Surat Edaran Dirjen Dikti No. 2929/DT/2007 tentang Penetapan Daya Tampung Mahasiswa, maka dari ke-tiga tinjauan diatas, Ruang dosen belum representatif untuk melayani kegiatan mahasiswa (standar 4 m2/mahasiswa). Sejauh ini belum ada rencana pengembangan untuk penambahan ruang dosen. Untuk itu, kegiatan dosen yang berhubungan dengan mahasiswa diatur sedemikan rupa supaya tetap dapat melayani mahasiswa dengan wajar.

Prasarana lain yang dimiliki sudah mencukupi untuk penyelenggaraan seluruh kegiatan di FT Unwiku dan memenuhi standar layanan.

Prasarana milik FT Unwiku merupakan bangunan permanen dengan lantai keramik, dinding tembok, ventilasi yang baik (beberapa ruang dilengkapi pendingin ruangan), penerangan sesuai kebutuhan, dan kebersihan yang terjaga..