Sejarah

Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma berdiri dan mulai melaksanakan proses pembelajaran pada tahun 1981. Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma memiliki visi Menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang teknologi dan rancang bangun yang relevan dengan perkembangan IPTEK serta memiliki kemampuan berwirausaha yang handal”.

Dalam upaya untuk mewujudkan Visi Fakultas Teknik, maka Misi Fakultas Teknik adalah sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan proses belajar mengajar yang mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang rancang bangun yang relevan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan keilmuan dengan kegiatan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal ilmiah.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan Kerjasama dengan Stakeholder.

Struktur organisasi Fakultas Teknik merupakan bagian dari Struktur Organisasi Universitas Wijayakusuma, yang disusun berdasarkan Statuta Universitas Wijayakusuma. Struktur ini didesain untuk menjawab tantangan dan peluang yang dihadapi Fakultas dalam rangka mengimplementasikan visi, misi, tujuan, dan sasaran yang telah ditetapkan.

Saat ini, fakultas Teknik memiliki 3 (tiga) prgram studi, yaitu:

  1. Program Studi Teknik Sipil
  2. Program Studi Arsitektur
  3. Program Studi Teknik Elektro

Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma dikelola oleh 23 orang dosen tetap yang semuanya berpendidikan S2. Saat ini 2 orang dosen sedang menempuh pendidikan S3. Untuk melayani mahasiswa, tersedia 16 orang tenaga kependidikan yang tersebar dalam berbagai jenis tugas pokok dan fungsi (perpustakaan, laboran, teknisi, administrasi, dan lainnya).

Berbagai sarana dan prasarana perkuliahan termasuk fasilitas pendukung lainnya sudah tersedia, seperti laboratorium, perpustakaan, prasarana olah raga, perkantoran, ruang kuliah ber AC, laptop, LCD projector, dan lain-lain. Selain itu, juga tersedia fasiltas lainnya seperti hotspot area, internet, masjid dan mushola kampus, sarana olah raga dan lain-lain.

Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma berlokasi di Jln Beji Karangsalam Purwokerto. Lokasi ini mempunyai aksesibilitas tinggi bagi para mahasiswa, mudah dijangkau dan kondusif bagi proses pembelajaran.

Untuk melayani kebutuhan mahasiswa yang berkaitan dengan administrasi akademik telah dikembangkan sistem jaringan dan on line guna memudahkan mahasiswa mengakses data tentang hal-hal yang berhubungan dengan administrasi umum dan akademik. Informasi yang dapat diakses oleh mahasiswa antara lain: matakuliah yang ditempuh dalam KRS, daftar IP dan IPK, nilai dalam KHS, jadwal mata kuliah, kalender akademik dan lain-lain.

Perencanaan dan pengelolaan dana menganut sistem terdesentralisasi. Dana ini diperoleh dari SPP mahasiswa, uang wisuda, uang pengembangan program, hasil kerjasama, sumbangan berbagai pihak, dan pemerintah. Dana SPP secara proporsional digunakan bagi penyelenggaraan kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

Desain kurikulum pada Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma merupakan implementasi dari visi, misi, tujuan, dan sasaran, yang secara operasional dilakukan dalam rangka menghasilkan lulusan yang profesional dan memiliki kompetensi keilmuan yang tinggi. Sistem perkuliahan yang berlaku di Fakultas Teknik adalah Sistem Kredit Semester (SKS), yaitu suatu sistem penyelenggaraan pendidikan dengan menggunakan satuan kredit semester untuk menyatakan beban studi mahasiswa, beban kerja dosen, pengalaman belajar, dan beban penyelenggaraan program. Sementara itu semester adalah satuan waktu kegiatan yang terdiri atas 16 minggu kuliah atau kegiatan terjadwal lainnya, termasuk kegiatan penilaian. Satuan kredit semester adalah takaran penghargaan terhadap pengalaman belajar yang diperoleh selama satu semester melalui kegiatan terjadwal per minggu sebanyak 1 jam perkuliahan, yang masing-masing dilengkapi dengan 1 – 2 jam kegiatan terstruktur dan 1 – 2 jam kegiatan mandiri.

Program Studi di Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma mempunyai beban studi 146-147 SKS, yang dijadwalkan dalam delapan semester. Perkuliahan dilaksanakan secara terintergrasi di antara mata kuliah yang ditawarkan dalam satu semester. Kuliah diberikan dalam bentuk tatap muka, diskusi, praktek lapangan, penelitian, pengembangan minat, dan seminar.

Tercatat, sudah lebih dari 1200 alumni Fakultas Teknik yang sudah berkarya. Alumni Fakultas sudah tersebar di berbagai instansi, baik pemerintah maupun swasta. Beberapa di antaranya telah menduduki jabatan-jabatan strategis. Hal ini tentunya sangat bermanfaat untuk mengadakan kerjasama dan menjadi networking informasi kerja bagi mahasiswa program studi ini.

Para dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma telah melaksanakan tri dharma perguruan tinggi yang meliputi pengajaran, penyusunan karya ilmiah, penelitian, publikasi dan pengabdian pada masyarakat. Program ini terselenggara secara mandiri dan/atau melalui kerjasama dengan institusi mitra. Guna mengembangkan institusi dan pelaksanaan berbagai program Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma telah melakukan kerjasama dengan berbagai institusi pemerintah maupun swasta. Berbagai institusi tersebut, selama ini telah menjadi mitra bagi upaya mewujudkan visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas dan Program Studi.

struktur organisasi FT