Arsitektur

TERAKREDITASI B (SK BAN-PT No.  1011/SK/BAN-PT/Akred/S/IX/2015)

Arsitektur (gabungan ilmu matematika, sains, seni, teknologi, humaniora, politik, sejarah, filsafat) adalah seni dan ilmu dalam merancang bangunan. Dalam artian yang lebih luas, arsitektur mencakup merancang dan membangun keseluruhan lingkungan binaan, mulai dari level makro yaitu perencanaan wilayah kota, perancangan perkotaan, arsitektur lanskap, hingga ke level mikro yaitu desain bangunan, desain perabot dan desain produk. Arsitektur juga merujuk kepada hasil-hasil proses perancangan tersebut Prospek Karir Lulusan PS Arsitektur dapat berkarir secara luas pada Perusahaan Jasa Konstruksi (Kontraktor, Konsultan Perencana dan Pengawas, Konsultan wisata, Konsultan Pemberdayaan Masyarakat), Developer, PNS ( Dinas Cipta Karya, Bapeda, dan dinas lain.) ,Dosen, Peneliti Budaya dan Bangunan bersejarah, Perbankan, Industri Kreatif dan Wirausahawan (Pemilik Perusahaan) Pada umumnya lulusan arsitektur memasuki dunia kerja sebelum lulus baik melalui magang maupun kerja paruh waktu (Freelance Architect) , Alumni Arsitektur UNWIKU banyak berkarir di perusahaan maupun insstansi pemerintahan yang tersebar di seluruh wilayah indonesia dengan menduduki posisi yang penting. Program Studi Arsitektur sejak tahun 2000 telah meluluskan sebanyak 67 orang Potret Alumni 1. Tri Yulianto (Konsultan Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) 2. Indras Variandini (Konsultan Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) 3. Sudarsono ( Ka bid DCTKR Banyumas) 4. Angger Winarno ( Dev Perencana PT Pumas Basata Developer) 5. Aji Cahyo Utomo (Wirausaha/ Kontraktor) 6. Maria W.Dev Perencanaan PT Ritaritelindo. 7. M,Untung (Bapeda Pemalang) 8. Renges W A. (Wirausaha) 9. Lingga (Wirausaha) 10. Melinda S ( PT BUN developer) 11. Diah TriUtami ( PT BUN developer) 12. Satrio SR (Supervisor SPBU) 13. Noni Oktaf (Owner Simplicity ) 14. Fitriantama Bayu (Konsultan Pemberdayaan Masyarakat Pamsimas Pusat) 15. Wibowo (Konsultan Obyek Wisata)

VISI PROGRAM STUDI ARSITEKTUR

Tahun 2016 menjadi Program Studi Arsitektur yang menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi di bidang perencanaan dan perancangan dan memiliki kemampuan berwirausaha yang handal.

 MISI PROGRAM STUDI ARSITEKTUR

  1. Melaksanakan proses belajar mengajar yang mampu menghasilkan lulusan yang mempunyai kompetensi dalam bidang teknik perencanaan dan perancangan yang relevan dengan perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan keilmuan dengan kegiatan penelitian dan mempublikasikan hasil penelitian melalui jurnal ilmiah.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat terutama yang berkaitan dengan bidang teknik arsitektur sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
  4. Melaksanakan Kerjasama dengan Stakeholder.