Unit Pendukung Fakultas

Lembaga Pengembangan Teknik

Sebagai salah satu unit pendukung fakultas teknik yang bergerak dalam bidang usaha pengelolaan jasa laboratorium teknik, telah berhasil mengembangkan usahanya pada level profesional.
Layanan Laboratorium yang dikelola LPT, diantaranya:

Lab Geotek (Mekanika Tanah)
Melayani : Uji sondir, borring, soil properties, sand cone, pemadatan, CBR, DCP

Lab. Rekayasa Struktur dan Transportasi
Uji beton, baja, asphalt, agregat

Lab. Survey Penginderaan Jauh
Pengukuran topografi/ pemetaan

Lab. Komputer
Pelatihan aplikasi komputer

Dengan tenaga ahli yang handal, dilengkapi dengan Alat Laboratorium yang selalu di kalibrasi, LPT siap memberikan layanan yang terbaik.
Saat ini LPT telah miliki usaha konstruksi yang berbadan hukum, yaitu:
CV Wijayakusuma Trade Contractors              (Konstruksi Bangunan)
CV Wijayakusuma Engineering Consultant    (Konsultan Bangunan)

 

TOEFL  Preparation

Dalam upaya untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris bagi mahasiswa Fakultas Teknik, sekaligus sebagai syarat untuk menempuh ujian pendadaran, maka, Fakalutas Teknik menyelenggrakan kelas TOEFL Preparation. Kelas ini dibuka setiap akhir semester. Jumlah peserta maksimal per kelas 20 mahasiswa.  Target skor TOEFL yang disyaratakan adalah 400. Materi pelatihan, terdiri dari Pre Test, Pelatihan (10 jam) dan Post Test. Bagi mahasiswa yang berminat, dapat menghubungi Lab. Bahasa Fakultas Teknik.

KKPIJK

Era persaingan global kini tidak lagi dapat dijawab dengan proteksi,  tetapi dengan peningkatan daya saing bangsa.  Dan untuk meningkatkan daya saing diperlukan suatu kinerja budaya industrial yang kreatif, inovatif, produktif dan efisien.

 Budaya industrial semacam itu hanya dapat dilahirkan oleh suatu tatanan industrial yang maju, di mana para pelaku profesional berkiprah dalam lingkungan yang kompetitif, menuruti kode-kode, standar-standar, serta sistem sertifikasi dan akreditasi yang mereka kembangkan dan patuhi sendiri.

Kiprah semacam itu hanya dapat berlangsung dalam himpunan  profesi yang terorganisasikan dengan mapan dan melaksanakan kegiatan registrasi, sertifikasi dan pembinaan keprofesian secara mantap dan berkelanjutan.

Undang-undang No. 18/1999, tentang Jasa Konstruksi pasal 9 menyebutkan bahwa Perencana konstruksi dan pengawas konstruksi orang perseorangan harus memiliki sertifikat keahlian. Untuk itu Fakultas Teknik Universitas Wijayakusuma Purwokerto bekerja sama dengan Persatuan Insinyur Indonesia Koordinator Jawa Tengah, mengadakan kegiatan KPPIJK untuk meningkatkan kompetensi keahlihan bagi para lulusan dan sekaligus memfasilitasi alumni yang berkeinginan mendapatkan sertifikat ahli.

BP Sudawa (Badan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa)

BP Sudawa (Badan Pengembangan Sumber Daya Mahasiswa) didirikan dalam upaya mendorong agar mahasiswa Fakultas Teknik seteleh lulus nantinya dapat lebih siap memasuki dunia kerja., melalui kegiatan pelatihan dan pemagangan.

Pelaksanaan pelatihan dan pemagangan meliputi: 3 minggu pelatihan dan 3 sampai 6 bulan pemagangan.

Materi pelatihan diseseuaikan dengan materi yang paling diperlukan saat pertama kali masuk dunia kerja, meliputi: RAB dan Penjadwalan, Gambar kerja, Man power & material, Project money, rencana kerja lapangan, laporan hasil kerja, penguasaan bahasa Inggris, Kepribadian & hubungan inter personal, dan Kewirausahaan.

Setelah mahasiswa menyelesaikan materi pelatihan, mahasiswa di magangkan ke perusahaan-perusahaan yang sudah menjalin Mou dengan Fakultas.

Tim Penjamin Mutu

Gugus Kendali Mutu

Komisi Tugas Akhir